Program Studi : Magister Entomologi

Departemen : Proteksi Tanaman

Fakultas : Fakultas Pertanian


Profil Program Studi


Visi/Misi :
Prefix : ENT
Kode Prodi : A351
Kode Nasional : 54165
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. Mampu memahami ilmu pengetahuan di bidang entomologi serta menghasilkan produk‐produk penelitian terkait dengan bidang entomologi yang berguna untuk pengembangan dan pembangunan pertanian di Indonesia.
      1. Mampu mengembangkan teknologi terapan di bidang entomologi pertanian.
        1. Mampu mengembangkan usaha di bidang pertanian yang berkelanjutan dan berdaya‐saing, serta mengaplikasikan konsep agribisnis yang telah dikembangkan dengan menggunakan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmunya secara profesional.

        2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
          Learning Outcome :
          1. Mampu memecahkan permasalahan di bidang hama pertanian dengan berbasis penelitian yang menggunakan pendekatan metode dan penalaran ilmiah.
            1. Mampu melakukan analisis masalah serangga hama pertanian untuk menghasilkan produk pertanian yang berkelanjutan dan berdaya-saing dan mampu mengembangkan konsep baru serta melakukan pendekatan ilmiah dengan memanfaatkan pengetahuan entomologi pertanian dan ilm-ilmu terkait.

            2. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
              Learning Outcome :
              1. Mampu menganalisis dan mengantisipasi perubahan‐perubahan lingkungan eksternal yang berpengaruh pada permasalahan serangga hama pertanian dalam meningkatkan daya saing.
                1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis informasi serta memformulasikan dalam bentuk model pengembangan pengendalian hama terpadu dan bertanggung jawab.
                  1. Mampu mengelola riset di bidang entomologi dan permasalahan serangga hama pertanian yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di tingkat nasional atau internasional, dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.


                  Kurikulum