Program Studi : Doktor Teknologi Hasil Perairan

Departemen : Teknologi Hasil Perairan

Fakultas : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan


Profil Program Studi


Visi/Misi : Visi Program Studi Doktor Teknologi Hasil Perairan (PS S3 THP): Menjadi Program Studi Doktor yang menghasilkan kebaruan dalam bidang Ilmu dan Teknologi Hasil Perairan untuk mendukung bidang perikanan kelautan tropika melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bereputasi internasional. Misi Program Studi Doktor Teknologi Hasil Perairan (PS S3 THP): Menyelenggarakan program doktor di bidang ilmu dan teknologi hasil perairan tropis untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang siap membentuk diri menjadi profesional, mandiri dan berakhlak mulia; Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni di bidang eksplorasi bahan baku dan produk baru dari sumberdaya hayati perairan tropis yang berkelanjutan melalui penelitian inovatif, aplikatif sebagai basis pengembangan sumberdaya manusia; Mengembangkan teknologi tepat guna hasil perairan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; Memperkuat kerjasama dengan seluruh stakeholders (peneliti, pengajar, asosiasi profesi, praktisi, industri, mahasiswa) nasional dan internasional.
Prefix : THP
Kode Prodi : C361
Kode Nasional : 54047
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
    Learning Outcome :
    1. I. Mampu mengevaluasi berbagai fakta, data, metode dan teknik dalam rangka menyusun kerangka berpikir untuk menjelaskan fenomena dalam bidang ilmu dan teknologi hasil perairan. II. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi riset untuk pengembangan IPTEK di bidang ilmu dan teknologi hasil perairan hingga menghasilkan karya yang memiliki kebaruan, inovasi dan teruji.
      1. 1.Menemukan dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang karakterisasi, transportasi dan penanganan bahan baku, bioteknologi, pengolahan dan pengembangan produk, dan standardisasi hasil perairan melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. 2.Membuat proposal penelitian; melaksanakan penelitian yang inovatif dan teruji

  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
    Learning Outcome :
    1. Mampu memecahkan persoalan di bidang ilmu dan teknologi hasil perairan dengan teknologi inovatif melalui analisis, sintesis dan menghasilkan sesuatu dengan berbagai pendekatan yang didasarkan pada filsafat ilmu yang luas meliputi (pokok bahasan):
      1. 1. Karakteristik bahan baku hasil perairan 2. Ilmu pengetahuan tentang sifat kimia, fisik dan biologis komponen aktif hasil perairan untuk mengevaluasi teknik penapisan dan karakterisasi bahan aktif hasil perairan yang meliputi isolasi, ekstraksi, bioassay dan identifikasi untuk pengembangan produk pangan dan nonpangan. 3.Fisiologi organisme penghasil dan faktor lingkungan yang pengaruh terhadap pembentukan metabolit hasil perairan untuk produk pangan dan nonpangan (nutraseutika, farmaseutika, kosmeseutika, bioenergi, biomaterial). 4.Perekayasaan proses dan pengevaluasian berbagai pengaruh proses pengolahan diantaranya suhu, tekanan, iradiasi, pengkonsentrasian, separasi dan kombinasinya/hardle technology terhadap fenomena perubahan kimiawi (interaksi antara komponen makro dan mikro): organoleptik, fisik dan mikrobiologi hasil perairan.

  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. I. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan serta mengkomunikasikan hasilnya ke komunitas ilmiah dan umum baik pada tataran nasional dan internasional. II. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
      1. 1. melakukan penelitian di bidang ilmu dan teknologi hasil perairan sesuai kaidah. 2. Memimpin tim kerja dan tim penelitian secara mandiri pada bidang teknologi hasil perairan, mendiseminasikan hasil penelitiannya.


Kurikulum