Program Studi : Magister Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak

Departemen : Ilmu Keluarga dan Konsumen

Fakultas : Fakultas Ekologi Manusia


Profil Program Studi


Visi/Misi : Visi : Menjadi program studi berkualitas di Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ilmu keluarga dan perkembangan anak.. Misi : 1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi berkualitas di bidang ilmu keluarga dan perkembangan anak. 2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang inovatif dan berkualitas di bidang ilmu keluarga dan perkembangan anak. 3. Berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan kualitas anak melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis penelitian.
Prefix : IKA
Kode Prodi : I251
Kode Nasional : 95132
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi riset untuk membangkitkan kebijakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga
      1. Mampu menyusun proposal penelitian, menganalisis permasalahan dalam keluarga, mensintesis dan memformulasikan alternatif pemecahan masalah dan memberi masiukan secara sistematis dalam menindaklanjuti permasalahan keluarga
        1. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran dan penilaian perkembangan anak dan stimulasi psikososial anak
          1. Mempunyai keterampilan dalam mendapatkan dan mengolah informasi dan data

          2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
            Learning Outcome :
            1. Mampu mengaplikasikan proses interaksi dalam keluarga yang mencakup pola komunikasi; hubungan suami-istri, orangtua -anak, siblings, antar generasi; dan mampu merumuskan strategi pemecahan konflik keluarga
              1. Mampu mengaplikasikan teori perkembangan anak dalam berbagai dimensi: biologik, psikomotorik, perseptual, kognitif, bahasa, emosional, sosial dan moral dalam memecahkan masalah perkembangan anak
                1. Mampu mengaplikasikan berbagai teori tentang manajemen keuangan keluarga masa kini, masa datang (investasi) serta merancang strategi perencanaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan individu dan keluarga

                2. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
                  Learning Outcome :
                  1. Mampu mengaplikasikan berbagai teori keluarga dan menganalisis perubahan sosial yang melanda keluarga, dan mampu merumuskan peran keluarga dalam pembangunan sumberdaya manusia (Teori Keluarga)
                    1. Mampu mengaplikasikan teori, tahapan, prinsip perkembangan moral dan karakter individu serta aplikasinya dalam upaya pembentukan karakter mulia
                      1. Mampu menganalisis dan mengaplikasikan konsep dan teori pendidikan, kurikulum dan prinsip pendidikan bagi anak usia dini untuk mendukung kebijakan pembentukan sumberdaya anak sejak dini
                        1. Mampu menganalisis teori pengembangan sumberdaya keluarga, sistem pemanfaatan sumberdaya serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi program pengembangan sumberdaya keluarga
                          1. .Menguraikan dan menganalisis teori dan lingkup ekonomi keluarga (ekonomi fertilitas, alokasi waktu dan produksi rumahtangga, alokasi pendapatan, pernikahan dan teori investasi sumberdaya manusia) serta kesejahteraan keluarga
                            1. Mampu mengaplikasikan teori, konsep, prinsip perkembangan dan pendidikan anak dalam proses pendidikan holistik yang ditujukan bagi pembentukan anak secara holistik pada aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual


                            Kurikulum