Program Studi : Magister Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Departemen : Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Manajemen


Profil Program Studi


Visi/Misi : Visi : Menjadi Program studi pascasarjana unggulan di bidang Ilmu Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan (SDAL), baik pada level nasional maupun internasional yang mampu menghasilkan ahli ekonomi SDAL, mengembangkan ilmu ekonomi SDAL, serta memformulasikan kebijakan pemanfaatan dan pengelolaan SDAL melalui kerjasama dengan berbagai pihak untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. Misi : 1) Mengembangkan pendidikan ilmu ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta menghasilkan ahli di bidang ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan yang sesuai dengan perkembangan mutakhir ilmu ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan 2) Mengembangkan ilmu dan alat analisis ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan sesuai dengan kebutuhan Indonesia maupun global dalam pemanfaatan dan penggunaan SDAL yang berkelanjutan 3) Memformulasikan kebijakan untuk pemanfaatan dan pengelolaan SDAL dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan perkembangan ilmu ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan 4) Memberi pelayanan dan penyuluhan berbasiskan kepakaran dan profesionalisme di bidang ilmu ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan kepada masyarakat yang membutuhkan.
Prefix : ESL
Kode Prodi : H451
Kode Nasional : 95131
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. Mampu mengembangkan pengetahuan dalam bidang keilmuan ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan atau praktek melalui riset, hingga menghasilkan karya penelitian dan teruji
      1. Konsep-konsep matematik dan aplikasinya untuk ekonomi seperti fungsi matriks, dan optimasi baik dengan atau tanpa kendala. Konsep matematika dinamis seperti aplikasi persamaan deferensial untuk ekonomi juga akan dikenalkan secara ringkas
      2. Kelangkaan dan tingkah laku ekonomi : optimasi, pilihan, efisiensi ekonomi dan pasar. Teori konsumsi dan permintaan, teori produksi, biaya dan penawaran. Konsep surplus konsumen dan produsen. Penetapan harga pada berbagai struktur pasar. Pasar faktor produksi dan pengantar teori keseimbangan umum
      3. Konsep pendapatan nasional, permintaan Agregat : teori konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, neraca perdagangan, penawaran dan permintaan tenaga kerja. Inflasi dan pengangguran, neraca pembayaran dan pertumbuhan ekonomi. Membandingkan teori Klasik, Keynes, Moneteris, Neo-Klasik, Neo=Keynes dalam bidang stabilisasi, teori dan kebijakan fiskal dan moneter.
      4. Konsep-konsep dasar ekonometrika dan aplikasinya akan dikenalkan. Penekanan akan diberikan pada OLS, 2SLS, sistem regresi (SURE) dan maximum likehood serta aplikasinya untuk analisis ekonomi sumberdaya alam.
      5. Teori dasar Ekonomi Sumberdaya Alam (Fundamental Theorem of Natural Resource Economics) baik yang pulih maupun tidak pulih. Dibahas analisa klasik statis, dinamis diskrit dan kontinyu dari deposit tunggal (single deposit), pengguna dan penggunaan tunggal (single use and single user), backstop technology, species tunggal (single species), habitat tunggal (single habitat), serta struktur dan dan kegagalan pasar pada penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam. Mata kuliah ini juga membahas dasar pemikiran klasifikasi sumberdaya alam dan dasar teori penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam pulih dan tidak pulih. Dikenalkan juga analisis klasik statis, dinamis diskrit dan kontinyu dalam pengelolaan sumberdaya alam. Perhitungan pengaruh eksternalitas terhadap lingkungan juga dibahas serta pengaruh bentuk-bentuk kegagalan pasar dalam mencapai efisiensi ekonomi, kesejahteraan dan kelestarian lingkungan (zero environmental damage vs optimal damage level).
      6. konsep ekonomi kelembagaan. Diawali dengan sejarah pemikiran ekonomi klasik, neoklasik, kritik terhadap ekonomi klasik dan neo klasik dan awal kemunculan serta perkembangan ekonomi kelembagaan. Definisi kelembagaan, perubahan kelembagaan, biaya transaksi, property right, dan kontraktual. Teori perubahan tatanan kelembagaan (institutional arrangement) dan dampaknya terhadap performansi ekonomi dan alokasi sumberdaya alam dan lingkungan.
      7. Pemahaman teoritis, konsep dan pendekatan ekonomi polotik sumberdaya alam dan lingkungan; implikasi ekonomi dan politik dalam pengelolaan dan pemanfataan sumberdaya alam dan lingkungan. Ragam pendekatan ekonomi politik sumberdaya alam dan lingkungan, pada tingkat lokal, regional, nasional dan global; pertarungan antar aktor pada setiap tingkat untuk mendapatkan akses dan kuasa atas sumberdaya alam (hutan, laut, pesisir, pulau-pulau kecil, energi, pangan dan sumberdaya keanekaragaman hayati). Perspektif ekonomi, politik dan sumberdaya alam dalam kesatuan sistem ekologi yang saling mempengaruhi; dan metodologi riset ekonomi politik untuk sumberdaya alam dan lingkungan.
      8. Interaksi antara ekonomi dan lingkungan (dari sudut pandang classical – neo classical – and ecological economics); kegagalan pasar dan lingkungan; definisi dan pengertian pollution control dilihat dari: efisiensi, berbagai instrument yang digunakan untuk mengukur pollution control dan kebijakan pollution control dengan imperfect information, supply-demand (MAC and MD) and equimarginal principle; hingga mempelajari beberapa issu internasional tentang lingkungan.
      9. Aspek-aspek pengelolaan Ekonomi Mineral dan Energi. Topik yang akan dibahas meliputi supply dan demand (market) energi dan mineral dalam skala nasional dan global. Prinsip-prinsip Ekonomi Mineral dan Energi. Theory of depletion, kebijakan Energi serta Studi Kasus masalah Mineral dan Energi di Indonesia.
      10. Perhitungan pendapatan nasional (national income) dengan memasukan nilai ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan. Secara khusus kuliah ini akan membahas topik-topik yang menyangkut konsep-konsep Hicksian Income Accounting, Hamiltonian Income Accounting, Integrated Environment and Economic Accounting (IEEA), Environmentally Adjusted Domestic Product (EDP) dan Environmentally Adjusted National Income (ENI).
      11. Aspek-aspek pendekatan ilmiah dalam penelitian ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan. Topik-topik bahasan meliputi: pengertian penelitian, jenis-jenis penelitian, dan metode-metode penelitian yang sesuai untuk diaplikasikan pada permasalahan-permasalahan ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan. Topik-topik selanjutnya mencakup pembahasan mengenai struktur dan format penulisan proposal dan penulisan hasil penelitian (tesis) di bidang ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan.
      12. Karakteristik ekonomi dari berbagai sector wisata; berbagai pengukuran wisata; permintaan wisata; penawaran wisata; kompetisi dan tujuan wisata; peramalan permintaan wisata: metode kualitatif dan kuantitatif serta analisis regresi wisata, dampak ekonomi wisata: balance of payment and tourism, measurement of income and employment generation; dan diakhiri dengan evaluasi mikro dan makro dari berbagai proyek wisata dan industri kenyamanan: penilaian investasi wisata, eksternalitas wisata, metode discount factor, BCA, dan strategi pengembangan ekonomi dan wisata.
      13. Sejarah penggunaan dan penguasaan/kepemilikan lahan serta kaitannya dengan sumberdaya alam lain : air, hutan, tumbuhan dan hewan serta kandungan mineral. Harga dan rente lahan dibahas berdasarkan penggunaan untuk pertanian, urban manufaktur, perumahan dan utilitas publik serta sebagai kapital pulih dan tidak pulih (renewable and non-renewable capital). Selanjutnya dibahas pengaruh lokasi, contour lahan kesuburan, kandungan mineral serta pertumbuhan penduduk terhadap pasar lahan.
      14. Permasalahan-permasalahan sumberdaya air dari aspek ekonomi, baik untuk pertanian maupun non-pertanian (industri, kelistrikan, dan utilities/rumahtangga), serta upaya-upaya pengelolaan sumberdaya tersebut agar dapat memaksimumkan manfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan. Topik-topik bahasan meliputi: masalah kelangkaan dan pencemaran sumberdaya air di pertanian dan non-pertanian; implikasi dari air sebagai komoditas ekonomi; prinsip dan pemodelan ekonomi, dan aplikasinya dalam penanganan masalah alokasi sumberdaya air antar region, antar sektor, dan antar waktu; penentuan harga dan nilai ekonomi air untuk sektor pertanian dan non-pertanian; tantangan pengelolaan sumberdaya air pada Abad 21; pengelolaan permintaan dan penawaran sumberdaya air secara terintegrasi; dan pembahasan mengenai UU Sumberdaya Air Indonesia (UU No 7 tahun 2004).
      15. Jenis dan penggunaan hutan tropis (rain forest), subtropis, primer, sekunder dan bentuk-bentuk penguasaan hutan dan produk-produknya. Selanjutnya dibahas analisa ekonomi eksploitasi hutan optimal, rotasi tunggal dan rotasi ganda produksi kayu (timber) dari hutan. Produksi kayu oleh rumah tangga (household forest production) dan analisa investasi finansial pada hutan dengan tujuan pasar juga dibahas. Analisa penilaian produk bukan kayu (non-timber products) dan biodiversitas juga dilakukan, termasuk penilaian produk jasa hutan (Forest Services) secara lokal, regional dan global.
      16. Aspek ekonomi pengelolaan sumber daya ikan. Topik yang akan dibahas meliputi konsep manfaat dan biaya dalam perikanan, model bioekonomi perikanan Gordon-Schaefer dan model Copes serta model-mdeol terkini seperti model Hammon-Wilen dan model Munro-Sumaila. Kuliah juga akan membahas model dinamika Clark-Munro, kebijakan ekonomi perikanan, ekonomi perikanan rekreasi serta ekonomi perikanan dalam konteks daerah perlindungan laut (MPA). Beberapa cross-cutting issue dalam ekonomi perikanan juga akan dibahas dalam mata kuliah ini.
      17. Kerangka dan alat analisis untuk memvaluasi nilai-nilai sumberdaya alam sebagai dampak atas pemanfaatan sumberdaya yang cenderung destructive; berbagai parameter untuk menganalisis kualitas lingkungan yang lebih baik (monetary and non monetary valuation of environmental); dan men-valuasi dampak kerusakan lingkungan dari pendekatan (a) discounting and choice of discount rate; (b) alternatives to environmental cost-benefit analysis (CEA, multi criteria analysis, etc); dan (c) environmental macroeconomics. Mata kuliah ini juga membahas prinsip-prinsip ekonomi kerusakan dan mengapa diperlukan assessment ekonomi terhadap kerusakan sumber daya dan lingkungan. Topik yang akan dibahas adalah antara lain pengertian kerusakan dari perspektif ekonomi (economic injury) penentuan monetisasi kerusakan (release, pathway dan injury), penentuan kerusakan ekonomi dari sisi pasar dan non-pasar serta berdasarkan pembuktian biaya (imputed cost). Kuliah ini secara rinci akan membahas teknik penilaian ekonomi melalui penilaian service to service dan valuation scaling, value to cost dan value to value. Dalam mata kuliah ini juga diberikan contoh-contoh penentuan damage assessment untuk oil spill, kebakaran hutan, grond water contamination, dlsb.

  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
    Learning Outcome :
    1. 1. Mampu memecahkan permasalahan pembangunan ekonomi dan kaitannya sumberdaya alam melalui bidang keilmuan ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan melalui pendekatan inter atau multidisipliner 2. Mampu mengembangkan rumusan-rumusan kebijakan makro dan mikro yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau melalui implementasi keilmuan ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan 3. Mampu menerapkan keilmuan ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan dalam memecahkan masalah-masalah terkini baik dalam skala makro nasional maupun mikro regional 4. Mampu memanfaatkan keilmuan ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan dalam rangka merancang, merencanakan dan memformulasikan skenario-skenario pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang optimal, efisien dan berkelanjutan
      1. Konsep-konsep matematik dan aplikasinya untuk ekonomi seperti fungsi matriks, dan optimasi baik dengan atau tanpa kendala. Konsep matematika dinamis seperti aplikasi persamaan deferensial untuk ekonomi juga akan dikenalkan secara ringkas
      2. Konsep-konsep dasar ekonometrika dan aplikasinya akan dikenalkan. Penekanan akan diberikan pada OLS, 2SLS, sistem regresi (SURE) dan maximum likehood serta aplikasinya untuk analisis ekonomi sumberdaya alam
      3. Teori dasar Ekonomi Sumberdaya Alam (Fundamental Theorem of Natural Resource Economics) baik yang pulih maupun tidak pulih. Dibahas analisa klasik statis, dinamis diskrit dan kontinyu dari deposit tunggal (single deposit), pengguna dan penggunaan tunggal (single use and single user), backstop technology, species tunggal (single species), habitat tunggal (single habitat), serta struktur dan dan kegagalan pasar pada penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam. Mata kuliah ini juga membahas dasar pemikiran klasifikasi sumberdaya alam dan dasar teori penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam pulih dan tidak pulih. Dikenalkan juga analisis klasik statis, dinamis diskrit dan kontinyu dalam pengelolaan sumberdaya alam. Perhitungan pengaruh eksternalitas terhadap lingkungan juga dibahas serta pengaruh bentuk-bentuk kegagalan pasar dalam mencapai efisiensi ekonomi, kesejahteraan dan kelestarian lingkungan (zero environmental damage vs optimal damage level).
      4. Interaksi antara ekonomi dan lingkungan (dari sudut pandang classical – neo classical – and ecological economics); kegagalan pasar dan lingkungan; definisi dan pengertian pollution control dilihat dari: efisiensi, berbagai instrument yang digunakan untuk mengukur pollution control dan kebijakan pollution control dengan imperfect information, supply-demand (MAC and MD) and equimarginal principle; hingga mempelajari beberapa issu internasional tentang lingkungan.
      5. Aspek-aspek pengelolaan Ekonomi Mineral dan Energi. Topik yang akan dibahas meliputi supply dan demand (market) energi dan mineral dalam skala nasional dan global. Prinsip-prinsip Ekonomi Mineral dan Energi. Theory of depletion, kebijakan Energi serta Studi Kasus masalah Mineral dan Energi di Indonesia.
      6. Aspek-aspek pengelolaan Ekonomi Mineral dan Energi. Topik yang akan dibahas meliputi supply dan demand (market) energi dan mineral dalam skala nasional dan global. Prinsip-prinsip Ekonomi Mineral dan Energi. Theory of depletion, kebijakan Energi serta Studi Kasus masalah Mineral dan Energi di Indonesia.
      7. perhitungan pendapatan nasional (national income) dengan memasukan nilai ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan. Secara khusus kuliah ini akan membahas topik-topik yang menyangkut konsep-konsep Hicksian Income Accounting, Hamiltonian Income Accounting, Integrated Environment and Economic Accounting (IEEA), Environmentally Adjusted Domestic Product (EDP) dan Environmentally Adjusted National Income (ENI).
      8. sejarah penggunaan dan penguasaan/kepemilikan lahan serta kaitannya dengan sumberdaya alam lain : air, hutan, tumbuhan dan hewan serta kandungan mineral. Harga dan rente lahan dibahas berdasarkan penggunaan untuk pertanian, urban manufaktur, perumahan dan utilitas publik serta sebagai kapital pulih dan tidak pulih (renewable and non-renewable capital). Selanjutnya dibahas pengaruh lokasi, contour lahan kesuburan, kandungan mineral serta pertumbuhan penduduk terhadap pasar lahan
      9. karakteristik ekonomi dari berbagai sector wisata; berbagai pengukuran wisata; permintaan wisata; penawaran wisata; kompetisi dan tujuan wisata; peramalan permintaan wisata: metode kualitatif dan kuantitatif serta analisis regresi wisata, dampak ekonomi wisata: balance of payment and tourism, measurement of income and employment generation; dan diakhiri dengan evaluasi mikro dan makro dari berbagai proyek wisata dan industri kenyamanan: penilaian investasi wisata, eksternalitas wisata, metode discount factor, BCA, dan strategi pengembangan ekonomi dan wisata.
      10. jenis dan penggunaan hutantropis (rain forest), subtropis, primer, sekunder dan bentuk-bentuk penguasaan hutan dan produk-produknya. Selanjutnya dibahas analisa ekonomi eksploitasi hutan optimal, rotasi tunggal dan rotasi ganda produksi kayu (timber) dari hutan. Produksi kayu oleh rumah tangga (household forest production) dan analisa investasi finansial pada hutan dengan tujuan pasar juga dibahas. Analisa penilaian produk bukan kayu (non-timber products) dan biodiversitas juga dilakukan, termasuk penilaian produk jasa hutan (Forest Services) secara lokal, regional dan global
      11. Aspek-aspek pendekatan ilmiah dalam penelitian ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan. Topik-topik bahasan meliputi: pengertian penelitian, jenis-jenis penelitian, dan metode-metode penelitian yang sesuai untuk diaplikasikan pada permasalahan-permasalahan ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan. Topik-topik selanjutnya mencakup pembahasan mengenai struktur dan format penulisan proposal dan penulisan hasil penelitian (tesis) di bidang ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan.
      12. Aspek dan aplikasi behavioral economics dalam ekonomi sumber daya alam dan lingkungan. Topik yang dibahas antara lain terkait dengan Endowment Effects, Loss aversion dan pengaruhnya terhadap penilaian sumber daya alam dan lingkungan, termasuk dalam analisis pilihan (discrete choice) dan experimental choice modeling dalam menghitung dampak kesejahteraan dari sumber daya alam dan lingkungan melalui WTP dan WTA.
      13. Kelangkaan dan tingkah laku ekonomi : optimasi, pilihan, efisiensi ekonomi dan pasar. Teori konsumsi dan permintaan, teori produksi, biaya dan penawaran. Konsep surplus konsumen dan produsen. Penetapan harga pada berbagai struktur pasar. Pasar faktor produksi dan pengantar teori keseimbangan umum.
      14. Konsep pendapatan nasional, permintaan Agregat : teori konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, neraca perdagangan, penawaran dan permintaan tenaga kerja. Inflasi dan pengangguran, neraca pembayaran dan pertumbuhan ekonomi. Membandingkan teori Klasik, Keynes, Moneteris, Neo-Klasik, Neo=Keynes dalam bidang stabilisasi, teori dan kebijakan fiskal dan moneter.
      15. Konsep-konsep dasar ekonometrika dan aplikasinya akan dikenalkan. Penekanan akan diberikan pada OLS, 2SLS, sistem regresi (SURE) dan maximum likehood serta aplikasinya untuk analisis ekonomi sumberdaya alam.
      16. Teoritis, konsep dan pendekatan ekonomi polotik sumberdaya alam dan lingkungan; implikasi ekonomi dan politik dalam pengelolaan dan pemanfataan sumberdaya alam dan lingkungan. Ragam pendekatan ekonomi politik sumberdaya alam dan lingkungan, pada tingkat lokal, regional, nasional dan global; pertarungan antar aktor pada setiap tingkat untuk mendapatkan akses dan kuasa atas sumberdaya alam (hutan, laut, pesisir, pulau-pulau kecil, energi, pangan dan sumberdaya keanekaragaman hayati). Perspektif ekonomi, politik dan sumberdaya alam dalam kesatuan sistem ekologi yang saling mempengaruhi; dan metodologi riset ekonomi politik untuk sumberdaya alam dan lingkungan.
      17. interaksi antara ekonomi dan lingkungan (dari sudut pandang classical – neo classical – and ecological economics); kegagalan pasar dan lingkungan; definisi dan pengertian pollution control dilihat dari: efisiensi, berbagai instrument yang digunakan untuk mengukur pollution control dan kebijakan pollution control dengan imperfect information, supply-demand (MAC and MD) and equimarginal principle; hingga mempelajari beberapa issu internasional tentang lingkungan.
      18. Kerangka dan alat analisis untuk memvaluasi nilai-nilai sumberdaya alam sebagai dampak atas pemanfaatan sumberdaya yang cenderung destructive; berbagai parameter untuk menganalisis kualitas lingkungan yang lebih baik (monetary and non monetary valuation of environmental); dan men-valuasi dampak kerusakan lingkungan dari pendekatan (a) discounting and choice of discount rate; (b) alternatives to environmental cost-benefit analysis (CEA, multi criteria analysis, etc); dan (c) environmental macroeconomics. Mata kuliah ini juga membahas prinsip-prinsip ekonomi kerusakan dan mengapa diperlukan assessment ekonomi terhadap kerusakan sumber daya dan lingkungan. Topik yang akan dibahas adalah antara lain pengertian kerusakan dari perspektif ekonomi (economic injury) penentuan monetisasi kerusakan (release, pathway dan injury), penentuan kerusakan ekonomi dari sisi pasar dan non-pasar serta berdasarkan pembuktian biaya (imputed cost). Kuliah ini secara rinci akan membahas teknik penilaian ekonomi melalui penilaian service to service dan valuation scaling, value to cost dan value to value. Dalam mata kuliah ini juga diberikan contoh-contoh penentuan damage assessment untuk oil spill, kebakaran hutan, grond water contamination, dlsb.
      19. Konsep-konsep matematik dan aplikasinya untuk ekonomi seperti fungsi matriks, dan optimasi baik dengan atau tanpa kendala. Konsep matematika dinamis seperti aplikasi persamaan deferensial untuk ekonomi juga akan dikenalkan secara ringkas
      20. Sejarah pemikiran ekonomi klasik, neoklasik, kritik terhadap ekonomi klasik dan neo klasik dan awal kemunculan serta perkembangan ekonomi kelembagaan. Definisi kelembagaan, perubahan kelembagaan, biaya transaksi, property right, dan kontraktual. Teori perubahan tatanan kelembagaan (institutional arrangement) dan dampaknya terhadap performansi ekonomi dan alokasi sumberdaya alam dan lingkungan.
      21. Aspek-aspek pengelolaan Ekonomi Mineral dan Energi. Topik yang akan dibahas meliputi supply dan demand (market) energi dan mineral dalam skala nasional dan global. Prinsip-prinsip Ekonomi Mineral dan Energi. Theory of depletion, kebijakan Energi serta Studi Kasus masalah Mineral dan Energi di Indonesia.
      22. Perhitungan pendapatan nasional (national income) dengan memasukan nilai ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan. Secara khusus kuliah ini akan membahas topik-topik yang menyangkut konsep-konsep Hicksian Income Accounting, Hamiltonian Income Accounting, Integrated Environment and Economic Accounting (IEEA), Environmentally Adjusted Domestic Product (EDP) dan Environmentally Adjusted National Income (ENI).
      23. Konsep-konsep matematik dan aplikasinya untuk ekonomi seperti fungsi matriks, dan optimasi baik dengan atau tanpa kendala. Konsep matematika dinamis seperti aplikasi persamaan deferensial untuk ekonomi juga akan dikenalkan secara ringkas
      24. Perhitungan pendapatan nasional (national income) dengan memasukan nilai ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan. Secara khusus kuliah ini akan membahas topik-topik yang menyangkut konsep-konsep Hicksian Income Accounting, Hamiltonian Income Accounting, Integrated Environment and Economic Accounting (IEEA), Environmentally Adjusted Domestic Product (EDP) dan Environmentally Adjusted National Income (ENI).
      25. Aspek-aspek pendekatan ilmiah dalam penelitian ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan. Topik-topik bahasan meliputi: pengertian penelitian, jenis-jenis penelitian, dan metode-metode penelitian yang sesuai untuk diaplikasikan pada permasalahan-permasalahan ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan. Topik-topik selanjutnya mencakup pembahasan mengenai struktur dan format penulisan proposal dan penulisan hasil penelitian (tesis) di bidang ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan.
      26. Aspek-aspek pengelolaan Ekonomi Mineral dan Energi. Topik yang akan dibahas meliputi supply dan demand (market) energi dan mineral dalam skala nasional dan global. Prinsip-prinsip Ekonomi Mineral dan Energi. Theory of depletion, kebijakan Energi serta Studi Kasus masalah Mineral dan Energi di Indonesia.
      27. Aspek dan aplikasi behavioral economics dalam ekonomi sumber daya alam dan lingkungan. Topik yang dibahas antara lain terkait dengan Endowment Effects, Loss aversion dan pengaruhnya terhadap penilaian sumber daya alam dan lingkungan, termasuk dalam analisis pilihan (discrete choice) dan experimental choice modeling dalam menghitung dampak kesejahteraan dari sumber daya alam dan lingkungan melalui WTP dan WTA.
      28. Berbagai kerangka dan alat analisis untuk memvaluasi nilai-nilai sumberdaya alam sebagai dampak atas pemanfaatan sumberdaya yang cenderung destructive; berbagai parameter untuk menganalisis kualitas lingkungan yang lebih baik (monetary and non monetary valuation of environmental); dan men-valuasi dampak kerusakan lingkungan dari pendekatan (a) discounting and choice of discount rate; (b) alternatives to environmental cost-benefit analysis (CEA, multi criteria analysis, etc); dan (c) environmental macroeconomics. Mata kuliah ini juga membahas prinsip-prinsip ekonomi kerusakan dan mengapa diperlukan assessment ekonomi terhadap kerusakan sumber daya dan lingkungan. Topik yang akan dibahas adalah antara lain pengertian kerusakan dari perspektif ekonomi (economic injury) penentuan monetisasi kerusakan (release, pathway dan injury), penentuan kerusakan ekonomi dari sisi pasar dan non-pasar serta berdasarkan pembuktian biaya (imputed cost). Kuliah ini secara rinci akan membahas teknik penilaian ekonomi melalui penilaian service to service dan valuation scaling, value to cost dan value to value. Dalam mata kuliah ini juga diberikan contoh-contoh penentuan damage assessment untuk oil spill, kebakaran hutan, grond water contamination, dlsb.

  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. Mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional
      1. Aspek-aspek pendekatan ilmiah dalam penelitian ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan. Topik-topik bahasan meliputi: pengertian penelitian, jenis-jenis penelitian, dan metode-metode penelitian yang sesuai untuk diaplikasikan pada permasalahan-permasalahan ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan. Topik-topik selanjutnya mencakup pembahasan mengenai struktur dan format penulisan proposal dan penulisan hasil penelitian (tesis) di bidang ekonomi pertanian, sumberdaya alam dan lingkungan.
      2. Konsep-konsep dasar ekonometrika dan aplikasinya akan dikenalkan. Penekanan akan diberikan pada OLS, 2SLS, sistem regresi (SURE) dan maximum likehood serta aplikasinya untuk analisis ekonomi sumberdaya alam.
      3. Teori dasar Ekonomi Sumberdaya Alam (Fundamental Theorem of Natural Resource Economics) baik yang pulih maupun tidak pulih. Dibahas analisa klasik statis, dinamis diskrit dan kontinyu dari deposit tunggal (single deposit), pengguna dan penggunaan tunggal (single use and single user), backstop technology, species tunggal (single species), habitat tunggal (single habitat), serta struktur dan dan kegagalan pasar pada penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam. Mata kuliah ini juga membahas dasar pemikiran klasifikasi sumberdaya alam dan dasar teori penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam pulih dan tidak pulih. Dikenalkan juga analisis klasik statis, dinamis diskrit dan kontinyu dalam pengelolaan sumberdaya alam. Perhitungan pengaruh eksternalitas terhadap lingkungan juga dibahas serta pengaruh bentuk-bentuk kegagalan pasar dalam mencapai efisiensi ekonomi, kesejahteraan dan kelestarian lingkungan (zero environmental damage vs optimal damage level).
      4. Interaksi antara ekonomi dan lingkungan (dari sudut pandang classical – neo classical – and ecological economics); kegagalan pasar dan lingkungan; definisi dan pengertian pollution control dilihat dari: efisiensi, berbagai instrument yang digunakan untuk mengukur pollution control dan kebijakan pollution control dengan imperfect information, supply-demand (MAC and MD) and equimarginal principle; hingga mempelajari beberapa issu internasional tentang lingkungan.


Kurikulum