Program Studi : Manajemen

Departemen : Manajemen

Fakultas : Fakultas Ekonomi dan Manajemen


Profil Program Studi


Visi/Misi :
Prefix : MAN
Kode Prodi : H251
Kode Nasional : 61101
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. Memiliki wawasan tentang lingkungan manajemen pada tingkat nasional dan global
      1. Kondisi dan permasalahan UMKM di Indonesia
      2. Bentuk-bentuk dan rancangan organisasi berorientasi laba, nirlaba serta lembaga publik dan kemasyarakatan di Indonesia
      3. Penerapan strategi dalam manajemen organisasi
      4. Pengambilan keputusan dalam manajemen
    2. Mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan konsep dan teori yang menjadi dasar berbagai keputusan manajemen
      1. Metodologi riset manajemen
    3. Dapat merumuskan kerangka pemikiran, merancang metodologi riset dan menganalisis data untuk pengujiannya secara ilmiah
      1. Metoda Statistika
    4. Memperoleh pengakuan atas karya inovatif yang dihasilkan
      1. Rancangan dan Temuan Riset Manajemen

  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
    Learning Outcome :
    1. Karya inovatif, teruji dan diakui dalam bidang manajemen pemasaran pada UMKM, perusahaan swasta, atau lembaga pemerintah atau kemasyarakatan.
      1. Perkembangan praktek dan kesenjangan pengetahuan dasar perusahaan dan tatakelola korporasi pada UMKM, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      2. Praktek dan kesenjangan pengetahuan dalam pengambilan keputusan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      3. Praktek dan kesenjangan pengetahuan dalam perumusan strategi pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      4. Praktek dan kesenjangan pengetahuan dalam tatakelola pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      5. 11. Praktek dan kesenjangan pengetahuan dalam perilaku konsumen dan kepuasan pelanggan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      6. 12. Praktek dan kesenjangan pengetahuan strategi dan bauran pemasaran pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      7. 13. Praktek dan kesenjangan pengetahuan dalam komunikasi pemasaran dan manajemen merek pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
      8. 14. Praktek dan kesenjangan pengetahuan dalam strategi distribusi dan penyampaian barang dan jasa usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik dan kemasyarakatan
    2. Karya inovatif, teruji dan diakui dalam bidang manajemen produksi/operasi UMKM, perusahaan swasta, atau lembaga pemerintah atau kemasyarakatan
      1. Tipologi Proyek
      2. Mutu produk barang dan jasa
    3. Karya inovatif, teruji dan diakui dalam bidang manajemen SDM/organisasi UMKM, perusahaan swasta, atau lembaga pemerintah atau kemasyarakatan
      1. Manajemen SDM
    4. Karya inovatif, teruji dan diakui dalam bidang manajemen keuangan UMKM, perusahaan swasta, atau lembaga pemerintah atau kemasyarakatan
      1. Teori-teori keuangan

  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. Penyelenggaraan riset manajemen fungsional tertentu pada UMKM, perusahaan swasta, atau lembaga publik atau kemasyarakatan.
      1. 11. Masalah perilaku dan kepuasan pelanggan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      2. Masalah strategi dan bauran pemasaran pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      3. 13. Masalah merek dan komunikasi pemasaran pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      4. 14. Masalah distribusi dan penyampaian barang dan jasa pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      5. 21. Masalah manajemen proyek pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      6. 22. Masalah sistem produksi, pasokan dan distribusi barang dan jasa pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      7. 23. Masalah mutu barang dan jasa pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      8. 24. Masalah logistik dan nilai tambah produksi dan operasi barang dan jasa pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      9. 31. Masalah sumberdaya manusia (SDM) dan organisasi pada UMKM, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan di Indonesia
      10. 32. Masalah kinerja sumberdaya manusia dan organisasi pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      11. 33. Masalah manajemen pengetahuan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      12. Perubahan perilaku sumberdaya manusia dan organisasi, serta inovasi pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      13. 41. Masalah keuangan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      14. 42. Masalah risiko pasar, kredit dan operasional pada aset usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      15. 43. Masalah investasi keuangan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      16. 44. Masalah intermediasi keuangan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik atau kemasyarakatan
      17. 99. Rumusan gejala, identifikasi penyebab dan pemikiran pemecahan masalah pemasaran, produksi/operasi, organisasi/SDM, atau keuangan pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, serta lembaga publik atau kemasyarakatan
    2. Pengakuan publik terhadap karya ilmiah.
      1. 1. Kosakata, percakapan dan tata bahasa Inggris sebagai alat komunikasi ilmiah
      2. 2. Analisis statistika univariate, bivariate, multivariate, deret waktu dan panel data sebagai bahasa logika ilmiah terapan
      3. 3. Teknik penulisan laporan, paper, dan jurnal ilmiah
      4. 4. Teknik wawancara mendalam dan penggalian informasi
      5. 5. Teknik presentasi dan argumentasi
      6. 6. Pendanaan bagi riset pada usaha mikro, kecil dan menengah, perusahaan swasta, atau lembaga publik dan kemasyarakatan
      7. 7. Publikasi ilmiah hasil riset


Kurikulum