Program Studi : Magister Kimia

Departemen : Kimia

Fakultas : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam


Profil Program Studi


Visi/Misi : Menjadikan program studi strata magister sebagai program studi terkemuka di Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia dan ipteks dengan kompetensi utama pengembang pengetahuan dan teknologi kimia dan menjadi rujukan riset kimia di bidang pertanian baik nasional maupun internasional melalui penelitian pendekatan inter- atau multidisipliner.
Prefix : KIM
Kode Prodi : G451
Kode Nasional : 47102
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. 1. Menguasai seperangkat pengetahuan kimia yang meliputi struktur, sifat, energetika, kinetika, analisis, dan sintesis.
      1. Penguasaan dan pengembangan iptek kimia.
    2. 2. Mampu mendesain, menyeleksi, memformulasi metode pengukuran yang efektif menggunakan proses saintifik dan aplikasi teknologi kimia yang relevan dan menerapkannya untuk memperoleh informasi kimia, pendalaman atau perluasan keilmuan kimia.
      1. Analisis dan sinopsis dalam bidang kimia yang akan mengantarkan menjadi topik risetnya.
      2. Perancangan riset bidang kimia.
    3. 3. Mampu menggunakan alat penelusuran pustaka modern guna menemukan informasi kekinian di bidang kimia yang berkenaan dengan isu material maju dan menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis untuk menyelesaikan masalah IPTEK.
      1. Evaluasi dan penyusunan argumentasi ilmiah atas fakta dan temuan berbagai kajian di bidang kimia.
    4. 4. Mampu mengomunikasikan konsep, ide, analisis, dan argumen secara efektif dan hasil percobaan laboratoriumnya secara lisan dalam forum nasional dan/atau internasional dan secara tertulis pada jurnal ilmiah yang nasional terakreditasi atau internasional.
      1. Penulisan artikel yang layak publikasi di jurnal ilmiah.
      2. Pengomunikasian informasi dan hasil penelitian di bidang kimia secara lisan dan tulisan.

  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
    Learning Outcome :
    1. Mampu secara rasional mengusulkan rumusan pemecahan masalah IPTEK, menerapkan metode yang sesuai untuk sampai ke pemecahan masalah tersebut, menguji kebenaran pemecahan, dan menafsir hasilnya.
      1. Kepemimpinan dalam mengidentifikasi dan memberikan alternatif solusi masalah di bidang kimia.

  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. 1. Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri, bekerjasama dalam tim, bertanggung jawab, dan beretika.
      1. Pengembangan kreativitas dan keterampilan manajerial.
    2. 2. Mampu mengelola kelompok kerja/penelitian atau pembelajaran secara bertanggung jawab.
      1. Pengembangan kreativitas dan keterampilan manajerial.


Kurikulum