Program Studi : Magister Teknik Sipil dan Lingkungan

Departemen : Teknologi Sipil dan Lingkungan

Fakultas : Fakultas Teknologi Pertanian


Profil Program Studi


Visi/Misi :
Prefix : SIL
Kode Prodi : F451
Kode Nasional : 22101
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi riset untuk pengembangan IPTEK di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
      1. Mampu mengidentifikasi masalah di bidang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah, merumuskan alternatif pemecahan masalah secara inter atau multi-disipliner, untuk merumuskan pemecahan masalah yang terbaik.
        1. Morfologi sungai
      2. Mampu berfikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah dengan berbasiskan sains dan pengetahuan di bidang teknik sipil dan lingkungan..
        1. A
      3. Mampumengembangkan pengetahuan teknik dalam perencanaan, pembangunan, pemanfaatan dan pengendalian sumberdaya lahan dan air, struktur dan infrastruktur, polusi dan sanitasi lingkungan serta pengembangan wilayah yang berwawasan lingkungan.
        1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis perkembangan mutakhir sertamenyusun strategi pengembangan di bidang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah

        2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
          Learning Outcome :
          1. Mampu memecahkan persoalan di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan dengan cara yang teruji melalui pendekatan inter dan multidisipliner
            1. Mampu mengaitkan pengetahuan tentang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah dengan berbagai permasalahan pembangunan nasional.
              1. Mampu mengevaluasi pengaruh berbagai aktivitaspembangunanstruktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah dengan berbagai permasalahan pembangunan nasional.
                1. Mampu memadukan prinsip teknik dan metode analisis dalam bidang struktur dan infrastruktur, sistem sanitasi lingkungan, sumberdaya air, dan pengembangan wilayah, dan mengaplikasinya untuk memecahkan permasalahan pembangunan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
                  1. Mampu merinci dan menilai perencanaan, pembangunan, pemanfaatan dan pengendalian sumberdaya lahan dan air, struktur dan infrastruktur, serta polusi dan sanitasi lingkungan dalam sistem pengembangan wilayah melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

                  2. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
                    Learning Outcome :
                    1. Mampu mengelola riset dan pengembangan serta mengkomunikasikan hasilnya kekomunitas ilmiah dan umum baik pada tataran nasional maupun internasional.
                      1. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya untuk melakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan inovasi baru secara mandiri.
                        1. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya untuk melaksanakan dan mengevaluasi program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan sumberdaya lahan dan air, struktur dan infrastruktur, serta polusi dan sanitasi lingkungan dalam sistem pengembangan wilayah.
                          1. Mampu melakukan komunikasi dan diseminasi hasil riset yang diperoleh secara profesional kepada pemangku kepentingan untuk diterapkan atau diadopsi.
                            1. Mampu menjaga dan meningkatkan komitmen dan integritas berlandaskan nilai-nilai etika profesional.


                            Kurikulum