Program Studi : Doktor Ilmu Kelautan

Departemen : Ilmu dan Teknologi Kelautan

Fakultas : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan


Profil Program Studi


Visi/Misi : Visi Program Studi Ilmu Kelautan IPB: Pendidikan Pascasarjana berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama ilmu dan biosains kelautan tropika. Misi Program Studi Ilmu Kelautan IPB: 1. Menyelenggarakan pendidikan biosains kelautan yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa 2. Mengembangkan biosains kelautan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan iptek. 3. Membangun sistem manajemen program studi pascasarjana profesional yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. 4. Menghasilkan sumberdaya manusia berkompeten dan bermartabat di bidang ilmu dan biosains kelautan.
Prefix : IKL
Kode Prodi : C561
Kode Nasional : 54041
Kemampuan Lulusan
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
    Learning Outcome :
    1. Mampu menyintesis dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang biologi laut, bioprospeksi, biosistematika, ekologi laut dan fisiologi laut dengan pendekatan filsafat ilmu yang luas.
      1. Menguasai dan menformulasikan konsepsi teoritis dan aplikatif kehidupan laut dan keterkaitannya dengan lingkungan laut.
      2. Mendalami dan menguraikan secara sistematis proses - proses dan dinamika ekosistem, serta interaksinya dengan kehidupan dan sumberdaya hayati laut.
    2. Mampu menyintesis dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang oseanografi fisik, kimia/biogeokimia/pencemaran dan biologi/perikanan dengan cara menyintesis berbagai pendekatan filsafat ilmu yang luas.
      1. Kajian lanjut proses-proses fisik lautan seperti dinamika, variabilitas laut.
      2. Kajian lanjut interaksi materi terlarut-partikel, kolom air, di sedimen, dan perubahan-perubahan yang terjadi.

  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
    Learning Outcome :
    1. Mampu memecahkan persoalan dan memberikan solusinya di bidang ilmu biologi laut, bioprospeksi, biosistematika, ekologi laut dan fisiologi laut melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner.
      1. Memformulasikan dan merumuskan secara sistematis ragam permasalahan ekosistem dan sumberdaya hayati laut.
      2. Menguraikan dan merekomendasikan berbagai alternatif pemecahan masalah ekosistem dan sumberdaya hayati laut secara komperhensif dan integratif.
    2. Mampu memecahkan persoalan dan memberikan solusinya di bidang oseanografi fisik, kimia/biogeokimia/pencemaran dan biologi/perikanan melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner.
      1. Kajian lanjut konsep sirkulasi dan dinamika massa air laut berdasarkan data observasi maupun pendekatan model.
      2. Kajian lanjut biogekimiawi materi di laut dan interaksinya terhadap pengaruh gerak massa air.

  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. Mampu merumuskan permasalahan, merancang dan mengembangkan metode serta memimpin riset dan mengkomunikasikan hasil-hasil kepada komunitas ilmiah dan umum baik pada tataran nasional maupun internasional.
      1. Memformulasikan, mengembangkan dan menerapkan teknik dan metode analitik dan sintetik riset ekosistem dan sumberdaya hayati laut.
      2. Mengelola, mengkomunikasikan dan mendiseminasikan hasil - hasil riset ekosistem dan sumberdaya hayati laut.


Kurikulum